Tuesday, July 22, 2008

Rasa Bertuhan (1c)


…….sambungan

Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang

MUQADDIMAH - 1c


Binatang pun tak boleh dizalimi. Bila mahu sembelih binatang harus menggunakan pisau paling tajam. Begitu hebat disiplinnya. Bahkan pada anjing yang sangat hina pun Rasul menyuruh kita berbuat baik. Hadist ada menceritakan bahwa ada orang masuk syurga karena dia memberi minum anjing yang kehausan.

Setiap orang ada hak masing-masing. Baik itu hak pribadi, agama, hak harta, hak keluarga, hak kebebasan. Itu semua bukan hanya untuk orang islam saja. Tetangga mesti dihormati sekalipun musuh kita. Kasih sayang, perpaduan harus dijaga. Tapi iTulah masalah dunia sekarang ini. Kasih sayang tiada, perpaduan telah punah. Padahal RASULULLAH SAW datang bukan hanya dengan teori, tapi beliau sendiri menunjukkan bagaimana mewujudkan kasih sayang, bagaimana berhubung baik dengan tetangga, berhubungan dengan musuh. Bahkan musuh sakit, RASULULLAH SAW menziarahinya. Musuh yang menganiayanya dibalas dengan kebaikan, bahkan didoakan.

Haram hukumnya bila pokok yang tak bernyawa pun di potong-potong, ditarik daunnya untuk dirosakkan. Apalagilah binatang dan manusia. Umat Islam bahkan dianjurkan untuk berhubungan baik dengan masyarakat sekalipun bukan orang Islam.Umat Islam tak dibenarkan memerangi musuh kecuali musuh yang memulai. Begitulah cantiknya ajaran Islam, tapi sayangnya umat Islam sudah tidak mempraktikkannya. Akhirnya Islam jadi terlihat tidak cantik. Orang Islam dituduh kasar, militan, suka bunuh orang. Jihad sudah disalah artikan. Jihad diertikan mesti bunuh orang. Padahal Rasulullah SAW datang ke dunia mau mengislamkan orang. Tapi kita, mau bunuh orang. Seolah kedatangan Islam yang kita paham itu berlainan dengan yang RASULULLAH SAW ajarkan, sampaikan. Disinilah pentingnya manusia untuk menghayati peranan Rasul dan mengahyati ajaran yang Rasul bawa, agar Islam yang diamalkan sama dengan apa yang Rasul SAW telah bawa pada manusia.

Melalui pendidikan dan asuhan, RASULULLAH SAW telah berjaya menanamkan aqidah penghayatan yang begitu mantap di hati para sahabat hingga bangsa arab jahiliah telah berubah dan dipilih Tuhan untuk mengembang tugas membina empayar Islam kali pertama.

……bersambung

No comments:

'Create
Copy this code to your website to display this banner!